Minggu, 25 Maret 2018

Kiat - kiat Bekerjasama dalam Satu Team Kerja Kelompok


BEKERJASAMA DALAM SATU TEAM KERJA KELOMPOK

            Setiap manusia yang hidup di dunia ini tidak akan pernah bisa menjalani kehidupannya sendiri atau individu, pasti kita sebagai manusia membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan suatu pekerjaan, baik itu pekerjaan yang mudah atau pun pekerjaan yang sulit sekalipun. Begitupun dengan saya, saya menyadari bahwa dalam hidup ini kita sebagai manusia sosial pasti membutuhkan bantuan dari orang lain. Sehebat apapun kita, se-mandiri apapuun kita, pasti kita membutuhkan orang lain di sisi kita. Apalagi di dalam dunia pekerjaan, pastilah kita sangat membutuhkan batuan orang lain dalam bekerja sama agar pekerjaan yang di dapat akan dengan mudah dan cepat di selesaikan.

            Bekerja sama dalam team memang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Namun bekerja sama dalam satu team pasti  ada saja masalah yang timbul karena adanya perbedaan pendapat dan pemikiran yang terjadi antar team. Hal itulah yang dapat menyebabkan masalah jika tidak di atasi dengan baik. Bagaimanapun sebuah team harus mempunyai solusi atau jalan tengah yang dapat di ambil agar mencapai kesepakatan bersama.

            Agar tidak terjadi perbedaan pendapat, kita tentunya harus memahami setiap karakter yang terdapat pada setiap anggota team tersebut agar dapat mencapai satu tujuan yang sama. Ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan agar kita bisa membangun kerja sama team yang solid dan efektif, yaitu:

1.      Saling menghormati

Sikap saling menghormati dalam suatu team sangatlah di butuhkan, karena jika tidak ada sikap saling menghormati maka kerjasama tersebut tidak akan membuahkan hasil yang baik.

2.      Membangun Kepercayaan

Jika bekerjasama dalam sebuah team sebaiknya kita harus saling membangun kepercayaan pada anggota team lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan membangun rasa kepercayaan yang kuat, maka akan mempermudah pekerjaan yang di kerjakan bersama menjadi lebih baik.

3.      Melihat sisi positif dari perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat pastilah sangat wajar terjadi dalam sebuah team di karenakan setiap anggota pasti menuangkan ide dan pendapat yang berbeda-beda. Karena terdapat dua atau bahkan lebih sudut pandang yang berbeda maka jadikanlah perbedaan tersebut sebagai manfaat yang dapat di ambil dari suatu pekerjaan dan akan lebih baik jika kita melihat dari sisi positif setiap perbedaan yang ada.

4.      Tanggung Jawab

Dalam bekerjasama tanggung jawab merupakan hal yang penting karena setiap anggota team pasti memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Mengapa kita harus menerapkan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam bekerjasama? Karena dengan adanya rasa tanggung jawab maka setiap anggota team memiliki kesadaran yang tinggi bahwa pekerjaan tersebut sangatlah penting untuk di kerjakan.

5.      Saling terbuka dan jujur

Setiap angggota berhak untuk saling terbuka dan jujur dalam mengekspresikan opini dan solusi yang mereka punya untuk menjawab permasalahan yang sering di temui pada sebuah kelompok. Terbuka dan jujur untuk saling memahami pikiran antar anggota lebih baik di bandingkan dengan menolak atau mematahkan ide seseorang dengan alasan yang tidak pasti.

6.      Komunikasi antar anggota

Bekerjasama antar anggota dalam menyelesaikan suatu masalah yang baik adalah dengan menciptakan suasana komunikasi yang sebelumnya menegangkan menjadi lebih nyaman, agar setiap anggota dapat dengan bebas mengemukakakan pendapat atau opini mereka tanpa perlu merasa sungkan atau tidak enak hati.

Demikianlah cara yang dapat saya bagikan, agar kita dapat menciptakan atau membangun kerja sama team yang solid dan efektif tanpa menimbulkan masalah yang lebih banyak lagi dalam melakukan pekerjaan antar team atau kerja secara berkelompok.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggi Ed'driana Putri~ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template