BEKERJASAMA DALAM SATU
TEAM KERJA KELOMPOK
Setiap
manusia yang hidup di dunia ini tidak akan pernah bisa menjalani kehidupannya
sendiri atau individu, pasti kita sebagai manusia membutuhkan bantuan orang
lain dalam menjalankan suatu pekerjaan, baik itu pekerjaan yang mudah atau pun
pekerjaan yang sulit sekalipun. Begitupun dengan saya, saya menyadari bahwa
dalam hidup ini kita sebagai manusia sosial pasti membutuhkan bantuan dari
orang lain. Sehebat apapun kita, se-mandiri apapuun kita, pasti kita membutuhkan
orang lain di sisi kita. Apalagi di dalam dunia pekerjaan, pastilah kita sangat
membutuhkan batuan orang lain dalam bekerja sama agar pekerjaan yang di dapat
akan dengan mudah dan cepat di selesaikan.
Bekerja
sama dalam team memang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Namun bekerja sama
dalam satu team pasti ada saja masalah
yang timbul karena adanya perbedaan pendapat dan pemikiran yang terjadi antar
team. Hal itulah yang dapat menyebabkan masalah jika tidak di atasi dengan
baik. Bagaimanapun sebuah team harus mempunyai solusi atau jalan tengah yang
dapat di ambil agar mencapai kesepakatan bersama.
Agar tidak terjadi perbedaan
pendapat, kita tentunya harus memahami setiap karakter yang terdapat pada setiap
anggota team tersebut agar dapat mencapai satu tujuan yang sama. Ada berbagai
macam cara yang dapat kita lakukan agar kita bisa membangun kerja sama team
yang solid dan efektif, yaitu:
1.
Saling
menghormati
Sikap saling menghormati
dalam suatu team sangatlah di butuhkan, karena jika tidak ada sikap saling
menghormati maka kerjasama tersebut tidak akan membuahkan hasil yang baik.
2.
Membangun
Kepercayaan
Jika bekerjasama dalam
sebuah team sebaiknya kita harus saling membangun kepercayaan pada anggota team
lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan membangun rasa kepercayaan yang kuat,
maka akan mempermudah pekerjaan yang di kerjakan bersama menjadi lebih baik.
3.
Melihat
sisi positif dari perbedaan pendapat
Perbedaan pendapat
pastilah sangat wajar terjadi dalam sebuah team di karenakan setiap anggota
pasti menuangkan ide dan pendapat yang berbeda-beda. Karena terdapat dua atau
bahkan lebih sudut pandang yang berbeda maka jadikanlah perbedaan tersebut
sebagai manfaat yang dapat di ambil dari suatu pekerjaan dan akan lebih baik
jika kita melihat dari sisi positif setiap perbedaan yang ada.
4.
Tanggung
Jawab
Dalam bekerjasama
tanggung jawab merupakan hal yang penting karena setiap anggota team pasti
memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda. Mengapa kita harus menerapkan rasa
tanggung jawab yang tinggi dalam bekerjasama? Karena dengan adanya rasa
tanggung jawab maka setiap anggota team memiliki kesadaran yang tinggi bahwa
pekerjaan tersebut sangatlah penting untuk di kerjakan.
5.
Saling
terbuka dan jujur
Setiap
angggota berhak untuk saling terbuka dan jujur dalam mengekspresikan opini dan
solusi yang mereka punya untuk menjawab permasalahan yang sering di temui pada
sebuah kelompok. Terbuka dan jujur untuk saling memahami pikiran antar anggota
lebih baik di bandingkan dengan menolak atau mematahkan ide seseorang dengan
alasan yang tidak pasti.
6.
Komunikasi
antar anggota
Bekerjasama
antar anggota dalam menyelesaikan suatu masalah yang baik adalah dengan menciptakan
suasana komunikasi yang sebelumnya menegangkan menjadi lebih nyaman, agar setiap
anggota dapat dengan bebas mengemukakakan pendapat atau opini mereka tanpa
perlu merasa sungkan atau tidak enak hati.
Demikianlah cara yang dapat saya bagikan, agar kita dapat
menciptakan atau membangun kerja sama team yang solid dan efektif tanpa
menimbulkan masalah yang lebih banyak lagi dalam melakukan pekerjaan antar team
atau kerja secara berkelompok.
0 komentar:
Posting Komentar