Rabu, 25 April 2018

BERFIKIR POSITIF DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR


SELALU BERFIKIR POSITIF DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR



Belajar, mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar kata itu. Kata yang selalu kita dengar dari masa kecil bahkan sampai dewasa. Untuk sebagian besar orang mungkin sudah terbiasa dengan yang namanya belajar bahkan itu sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada diri mereka. Namun ada juga sebagian orang yang tidak terbiasa dengan yang namanya belajar, ada saja alasan yang mereka gunakan untuk menjauhkan diri dari yang namanya belajar. Padahal belajar adalah suatu hal yang penting agar kita lebih memahami dan menguasai hal-hal yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

Pada saat ini mungkin kebanyakan orang lebih tertarik dengan gadget di bandingkan dengan belajar. Mengapa demikian? Mungkin karena zaman teknologi sudah semakin maju, banyak hal-hal yang lebih menarik yang dapat di jumpai dalam gadget mereka (seperti halnya game) dari pada belajar. Tentu hal seperti ini harus di hilangkan, kita harus menumbuhkan rasa semangat kita dalam belajar. Setiap orang mungkin berbeda cara dalam menumbuhkan semangat belajar mereka masing-masing, ada yang harus melihat temannya sukses dan berhasil dahulu baru mereka semangat belajar, ada yang karena dapat hasil yang buruk dahulu sebelumnya baru mereka berusaha untuk memperbaikinya lagi dengan semangat belajar dan ada juga yang merasa dirinya harus bersaing agar tidak di kalahkan dengan orang lain maka harus semangat dalam belajar.

Bagi saya belajar adalah hal yang penting, namun ada saja hal-hal yang membuat saya malas untuk belajar, entah itu godaan dari teman atau bahkan yang lainnya. Jika sudah seperti ini terkadang saya berfikir bagaimana agar saya lebih semangat lagi dalam belajar dan biasanya saya melakukan hal-hal seperti berikut agar saya menjadi semagat dalam belajar:

1.    Niat

Menurut saya niat adalah hal yang paling penting dalam menumbuhkan semangat belajar, karena kalau tidak ada niat maka sekeras apapun kita mencoba pasti akan sia-sia.





2.    Membuat target yang ingin di capai

Jika kita ingin semangat belajar maka sebaiknya kita membuat target yang akan kita capai dari apa yang kita lakukan, agar kita dapat lebih termotivasi lagi dalam belajar.

3.    Atur waktu belajar

Sebaiknya atur waktu belajar yang baik agar waktu belajar kita lebih efektif dan terstruktur. Luangkan waktu kita untuk belajar max sejam agar kita tidak merasa jenuh dan bosan dalam belajar.

4.    Fokus

Saat belajar hal yang paling sulit di lakukan adalah fokus, ada saja gangguan yang dating jika kita sedang belajar. Untuk itu cobalah untuk fokus dalam belajar sebentar saja agar pelajaran yang kita pelajari terserap dengan baik.

5.    Jauhi Gangguan

Terkadang saat belajar banyak gangguan-gangguan yang sering muncul yang membuat kita malas untuk belajar, maka dari itu jauhilah segala macam gangguan yang akan terjadi jika kita hendak belajar, biasanya dalam hal ini saya akan menjauhkan handphone agar tidak mengganggu saya dalam belajar.

6.    Belajar bersama

Menurut saya belajar bersama merupakan cara belajar yang paling efektif dan sering saya lakukan jika saya merasa malas untuk belajar, karena saat belajar bersama kita bisa saling bertukar pikiran dan bertanya hal-hal yang tidak kita pahami kepada teman-teman kita.

Demikianlah hal-hal yang saya lakukan agar saya semangat dan fokus dalam belajar jika saya mengalami gangguan dan malas untuk belajar. Mungkin hal-hal ini dapat di terapkan oleh sebagian dari kalian agar kalian juga dapat semangat dalam belajar. Buatlah belajar menjadi hal yang semenyenangkan mungkin agar saat kalian belajar tidak merasa bosan dan jenuh.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggi Ed'driana Putri~ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template