Rabu, 27 Juni 2018

Sikap Menumbuhkan Semangat Juang Dalam Belajar


Sikap Menumbuhkan Semangat Juang Dalam Belajar



Setiap orang yang sedang menuntut ilmu pasti tidak lepas dari yang namanya belajar. Belajar dimulai dari kita kecil bahkan sampai kita dewasa, tidak ada kata putus dengan yang namanya belajar. Belajar bisa dilakukan dimana saja tidak hanya di sekolah melaikan di luar sekolah seperti rumah, lingkungan, alam dan masih banyak lagi yang lainnya. Orang yang selalu belajar pasti akan selalu mendapakan ilmu yang lebih dan lebih dibandingkan dengan orang yang jarang belajar. Apasih yang dapat kita ambil dari belajar? Jelas banyak, dari belajar apa yang awalnya kita tidak tahu menjadi tahu dan apa yang awalnya kita tidak pahami menjadi paham setelah belajar.

Namun saat kita terus menurus belajar seringkali kita pasti merasakan yang namanya rasa jenuh, itu wajar. Tidak ada orang yang sanggup belajar terus menurus di sepanjang hidupnya, pasti ada suatu titik dimana mereka mengalami kejenuhan dalam belajar, begitupun dengan saya. Bagaimana cara mengatasi rasa jenuh yang datang saat kita ingin belajar? Bagaimana cara menumbuhkan semangat kita kembali dalam belajar jika rasa jenuh itu datang? Setiap orang mungkin memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi masalah tersebut. Begitupula dengan saya, ada beberapa hal yang biasanya saya lakukan jika saya mengalami hal tersebut. Jika rasa jenuh saya dalam belajar datang maka hal yang saya lakukan untuk menumbuhkan semangat dalam belajar yaitu dengan

1.   Memotivasi diri

Hal pertama yang dilakukan yaitu memotivasi diri, meyakinka diri sendiri bahwa saya bisa melakukan apa yang orang lain lakukan. Tidak menyerah apalagi putus asa, memperkuat diri sendiri untuk dapat mencapai apa yang diinginkan dengan tidak membuang-buang waktu.

2.   Mengingat tujuan yang akan di capai

Mengingat tujuan yang akan dicapai dapat menumbuahkan semangat belajar, jika kita merasa jenuh dalam belajar ingatlah apa yang akan kita dapatkan nanti dari usaha kita selama ini, ingatlah arah awal dan tujuan kita belajar itu untuk apa.

3.   Mengingat perjuangan orang tua

Ingatlah perjuangan orang-orang yang sayang terhadap kita dan orang-orang yang kita sayangi terutama orang tua, jika rasa jenuh dalam belajar datang menurut saya hal yang paling penting untuk menambah semangat dalam belajar adalah mengingat perjuangan orangtua kita, perjuangan yang telah bersusah payah berusaha agar anaknya dapat menjadi yang lebih baik dari mereka. Maka hal ini adalah hal yang paling ampuh dalam menumbuhkan semangat juang dalam belajar.

4.   Berfikir positif

Selalu berfikir positif juga merupakan cara menumbuhkan semgat juang dalam belajar. Fikirlah hal-hal yang baik jika kita hendak belajar, agar rasa jenuh itu dapat teratasi dengan baik.

5.   Niatkan dalam hati

Niat, jika kita ingin menumbuhkan rasa semangat belajar tanpa niat saya rasa itu hanya buang-buang waktu saja, bahkan nanti rasa jenuh itu akan kembali lagi. Maka dari itu niatkan dalam hati yang paling dalam supaya rasa semangat juang dalam belajar menjadi bangkit kembali.

Demikianlah hal-hal yang biasa saya lakukan untuk menumbuhkan rasa semangat juang saya dalam belajar jika rasa jenuh datang. Mungkin hal-hal ini dapat di terapkan oleh sebagian dari kalian agar kalian juga dapat semangat dalam belajar. Buatlah belajar menjadi hal yang semenyenangkan mungkin agar saat kalian belajar tidak merasa bosan dan jenuh.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggi Ed'driana Putri~ Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template